Minggu, 14 Oktober 2012

Iman kepada kitab-kitab Allah swt.,

Kali saya akan membahasa Pelajaran Agama islam tentang “Iman kepada kitab-kitab allah swt.
walau pun agama saya dengan Papah saya berbeda kami tidak pernah mengolok-olok. Bahkan kami saling menyayangi. Papah saya dan mamah saya berbeda agama mulai mereka menikah.
papah saya beragama Hindu sedangkan mamah saya islam. Akan tetapi mamah saya tidak pernah membeda-bedakan anaknya yang beragama islam dan hindu. Oleh, karna itu saya ingin memberitahu ke semua pengguna media maya seperti di internet ini., bahwa kita perlu mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah swt telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada nabi dan rasul-Nya.


Okeyy langsung aja ya kita bahas bersama … 






a. Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah swt.


Pengertian iman kepada kitab-kitab Allah swt., yaitu mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah swt telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada nabi dan rasul yang berisi wahyu Allah untuk disampaikan isi dan kandungannya kepada seluruh umat manusia. Kumpulan wahyu itu ada yang disebut kitab suci dan ada pula yang disebut suhuf.
          Orang yang beriman kepada kitab-kitab yang diturunkan Allah swt., baik kepada nabi Muhammad saw. Maupun kepada para nabi sebelumnya, termasuk dalm golongan orang-orang yang mendapat petunjuk dan kebahagiaan., Allah swt . berfirman dalam (Q.S. al-Baqarah/2: 2) yang artinya :
Kitab(Al-qur’an) ini tidak ada keraguan padanya: petunjung bagi mereka yang bertakwa.

          kitab menurut arti secara harfiah adalah tulisan, sedangkan menurut istilah, kitab ialah wahyu Allah swt. Yang disampaikan kepada para rasul utuk diajarkan kepada umat manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidup. Adapun pengertian suhuf adalah wahyu Allah swt. Yang disampaikan kepada para rasul, yang masih berupa lembaran-lembaran yang terpisah dan tidak wajib disampaikan atau di ajarkan kepda umat manusia.

 

Antara kitab suci dan suhuf masing-masing memiliki persamaan dan perbedaan yaitu:
Persamaannya : Kitab suci dan suhuf merupakan wahyu allah swt.;
Perbedaannya : a. isi kitab suci lebih lengkap dari pada isi suhuf.;
                             b. kitab suci dibukukan,sedangkan suhuf tidak.
          Istilah kitab dan suhuf banyak disebutka didalam Al-Qur’an. Tidak kurang dari 198 ayat yang menyebutkan bahwasanya wahyu yang diturunkan kepada para rasul dengan menggunakan istilah kitab, sedangkan yang menggunakan istilah suhuf tidak kurang dari enam ayat. 



                   Have continue





Tidak ada komentar:

Posting Komentar